Rabu, 12 Disember 2012

Proses Pembuatan Garam


Ada bermacam-macam cara pembuatan garam yang telah dikenal  manusia, tetapi dalam tulisan ini hanya akan diuraikan secara singkat cara  pembuatan garam yang proses penguapannya menggunakan tenaga  matahari (solar evaporation), mengingat cara ini dinilai masih tepat untuk diterapkan perkembangan teknologi dan ekonomi di Indonesia pada waktu  sekarang.



Pada dasarnya pembuatan garam dari air laut terdiri dari langkah-langkah  proses pemekatan (dengan menguapkan airnya) dan pemisahan garamnya (dengan kristalisasi).  Bila seluruh zat yang terkandung diendapkan/dikristalkan akan terdiri dari campuran bermacam-macam zat yang terkandung, tidak hanya Natrium  Klorida yang terbentuk tetapi juga beberapa zat yang tidak diinginkan ikut  terbawa (impurities). Proses kristalisasi yang demikian disebut “kristalisasi total”.

Bila terjadi kristalisasi komponen garam tersebut diatur pada tempat-tempat yang berlainan secara berturut-turut maka dapatlah diusahakan terpisahnya komponen garam yang relatif lebih murni. Proses kristalisasi demikian disebut kristalisasi bertingkat. Untuk mendapatkan hasil garam Natrium Klorida yang kemurniannya tinggi harus ditempuh cara kristalisasi bertingkat, yang menurut  kelakuan air laut, tempat kristalisasi garam (disebut  meja garam) harus mengkristalkan air pekat  dari 25°Be sehingga menjadi 29°Be, sehingga pengotoran oleh gips dan garam-garam magnesium dalam garam yang dihasilkan dapat dihindari/dikurangi.

2 ulasan:

  1. kebetulan informasinya sesuai dengan yang saya butuhkan, tapi saya ingin menanyakan yang dimaksud dengan 25 (derajat) Be itu apa ya admin? setau saya kan derajat itu hanya ada Kelvin, Reamur, dan Celcius.

    BalasPadam
  2. Saya akan mencadangkan sesiapa yang mencari Pinjaman Perniagaan untuk Le_Meridian mereka membantu saya dengan pinjaman Empat Juta USD untuk memulakan perniagaan Quilting saya dan ia adalah pantas Apabila mendapatkan pinjaman dari mereka itu mengejutkan betapa mudahnya mereka bekerja. Mereka boleh membiayai sehingga $ 500,000.000.00 (Lima Hundred Million Dolar) di mana-mana rantau di dunia selagi ada 1.9% ROI boleh dijamin pada projek-projek.Prosesnya cepat dan terjamin. Ia pastinya pengalaman yang positif.Buat penipu di sini dan hubungi Perkhidmatan Pembiayaan Le_Meridian. lfdsloans@lemeridianfds.com / lfdsloans@outlook.com. WhatsApp ... + 19893943740. jika anda mencari pinjaman perniagaan.

    BalasPadam